OLEH
TRI ASTUTI
Metode TPR ini adalah
metode yang sangat seru karena menggunakan gerakan dan perintah perintah yang
diberikan oleh guru dan sesuai namanya, guru melihat respon siswanya terhadap
perintah yang diberikan tersebut. Adapun pengertian metode TPR ini adalah
sebuah metode yang menggunakan metode yang strategi dan inovatif untuk
mengajarkan bahasa kedua bagi siswanya. Seperti yang telah dijelaskan tadi,
maka metode ini menggunakan perintah verbal yang diucapkan langsung oleh guru
kepada siswanya dan siswa harus merespon perintah itu sesuai dengan pemahaman
mereka mengenai apa yang sedang diakatan atau sedang diperintahkan oleh
gurunya.
Dalam menggunakan
metode ini, guru dapat menggunakan benda-benda yang terdapat disekitar siswa
atau benda yang terdapat di dalam kelas misalnya gambar-gambar yang tertempel
di dinding, peralatan yang ada di kelas seperti kursi, meja, pintu, buku, dan
tabel yang berisi kosa kata dalam bahasa target.
Metode kedua yang
dijelaskan oleh Tuti adalah metode Story Telling yang merupakan sebuah metode
yang interktif yang menggunakan kata dan suara untuk membuat pendengar cerita
menjadi tertarik untuk mendengarkan cerita sekaligus dapat membayangkan apa
yang terjadi apada tokoh di dalam cerita tersebut.
Tuti snagat baik dalam
menjelaskan kedua metode ini. Saya dapat megerti smeua pembahasannya dan
meskipun pembahasan yang ditampilkan tuti menggunakan bahasa Indonesia, dia
tetap bisa menguasai bahan dan menguasai kelas.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar