OLEH
LARAS APRILLIA
Laras menjelaskan bahwa
manusia memiliki kecerdasan yang berbeda-beda sehingga setiap anak juga mmiliki
kecerdasan yang berbeda-beda sehingga ada beberapa cara untuk mengajar anak
berdasarkan kecerdasannya masing-masing. Dalam metode Multiple Intelligence
ini, guru diharapkan mampu untuk mengembangkan semua bakat siswanya tergantung
kecerdasan apa yang dimiliki oleh anak tersebut.
Laras mengatakan bahwa
ada delapan jenis kecerdasan yaitu yang pertama adalah nature smartt yang
ebrarti kecerdasan alam, anak yang mamiliki kecerdasan ini lebih cenderung
kepada alam dan mencintai serta memelihara alam, anak ini juga suka
berpetualang. Kemudia people smart, dimana anak itu mampun dengan mudah untuk
berkomunikasi dnegan orang lain dan sangat mudah untuk memperoleh pergaulan dan
teman. Anak seperti ini biasanya suka berorganisasi. Kemudian selanjutnya
number smart dimana anak ini suka keada angka-angka. Biasanya, anak dengan
number smart merupakan anak yang suka berhitung dan jago di dalam bidang
matematika. Kemudian, picture smart. Anak yang memiliki kecerdasan picture
smart akan lebih mudah untuk belajar jika dia diberikan gambar, umunya anak ini
suka kepada dunia seni khususnya melukis. Kelima, self smart. Anak yang
memiliki self smart ini adalah anak yang mampu untuk mengatur dirinya sendiri
dan mandiri. Keenam, body smart. Yaitu anak yang mampu untuk mengurus keperluan
tubuhnya seperti suka berolah raga dan aktif serta bersih. Kemudian, music
smart yaitu anak yang suka mendnegarkan dan menyanyi, anak ini lebih mudah
untuk mengingat pelajaran bila disertai dengan lagu-lagu atau suara nyanyian.
Dan yang terakhir adalah word smart. Yaitu anak yang lebih suka untuk membaca.
Penjelasan yang
dilakukan oleh laras sangat jelas dan interaktif karena melibatkan tanya jawab
dari peserta. Namun sayangnya tidak ada simulasi bagi metode ini. Padahal
metode ini sudah bisa diterapkan dari sejak tingkat TK.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar