Sabtu, 07 Juni 2014

MULTIPLE INTELLIGENCE

OLEH LARAS APRILLIA
Laras menjelaskan bahwa manusia memiliki kecerdasan yang berbeda-beda sehingga setiap anak juga mmiliki kecerdasan yang berbeda-beda sehingga ada beberapa cara untuk mengajar anak berdasarkan kecerdasannya masing-masing. Dalam metode Multiple Intelligence ini, guru diharapkan mampu untuk mengembangkan semua bakat siswanya tergantung kecerdasan apa yang dimiliki oleh anak tersebut.

Laras mengatakan bahwa ada delapan jenis kecerdasan yaitu yang pertama adalah nature smartt yang ebrarti kecerdasan alam, anak yang mamiliki kecerdasan ini lebih cenderung kepada alam dan mencintai serta memelihara alam, anak ini juga suka berpetualang. Kemudia people smart, dimana anak itu mampun dengan mudah untuk berkomunikasi dnegan orang lain dan sangat mudah untuk memperoleh pergaulan dan teman. Anak seperti ini biasanya suka berorganisasi. Kemudian selanjutnya number smart dimana anak ini suka keada angka-angka. Biasanya, anak dengan number smart merupakan anak yang suka berhitung dan jago di dalam bidang matematika. Kemudian, picture smart. Anak yang memiliki kecerdasan picture smart akan lebih mudah untuk belajar jika dia diberikan gambar, umunya anak ini suka kepada dunia seni khususnya melukis. Kelima, self smart. Anak yang memiliki self smart ini adalah anak yang mampu untuk mengatur dirinya sendiri dan mandiri. Keenam, body smart. Yaitu anak yang mampu untuk mengurus keperluan tubuhnya seperti suka berolah raga dan aktif serta bersih. Kemudian, music smart yaitu anak yang suka mendnegarkan dan menyanyi, anak ini lebih mudah untuk mengingat pelajaran bila disertai dengan lagu-lagu atau suara nyanyian. Dan yang terakhir adalah word smart. Yaitu anak yang lebih suka untuk membaca.

Penjelasan yang dilakukan oleh laras sangat jelas dan interaktif karena melibatkan tanya jawab dari peserta. Namun sayangnya tidak ada simulasi bagi metode ini. Padahal metode ini sudah bisa diterapkan dari sejak tingkat TK. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar