Sabtu, 07 Juni 2014

PORTFOLIO

OLEH NURUL HIDAYANI
Metode ini adalah metode yang mudah untuk dipahami karena pada beberapa mata kuliah telah ada dosen yang menerapkan metode ini sehingga secara langsung saya dapat menyimpulkan pengertian dari metode portfolio yang dipresentasikan oleh Nurul Hidayani ini. Melalui presentasi Nurul, saya dapat menyimpulkan bahwa portfolio adalah sebuah metode pembelajaran dimana murid harus mengumpulkan semua tugas-tugasnya yang dia buat selama proses kegiatan belajar berlangsung.

Ada dua jenis portfolio yaitu yang berbentuk dokumen, yang merupakan portfolio berbentuk kertas dan buku/dokumen, yang isinya bisa berupa nilai ulangan, gamabr, grafik, diagram, tulisan-tulisan, latihan, soal, PR dan lainnya sedangkan portfoilo lainnya berbenuk performance atau penampilan bisa berupa drama, presentasi, menyanyi, puisi dan lainnya yang bisa dikumpulkan rekaman atau videonya.
Kemudian ada juga portfolio yang berorientasi pada proses yaitu portfolio yang menilai semua perkembangan siswa dari awal, tengah hingga akhir dan juga portfolio product yang menilai hasil yang dikumpulkan siswa pada akhir tahun ajaran.

Nurul menjelaskan metode ini dengan sangat baik dan mudah untuk saya mengerti. Meskipun menggunkan bahasa Inggris, namun ia menggunkannya dengan sederhana sehingga kami dapat mengerti tentang yang ia presentasikan dan pengucapannya juga jelas dan mampu menguasai kelas. Dia juga menguasai bahan dan mampu menjawab semua pertanyaan dengan jelas dan tidak berbelit-belit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar